r'>

Aplikasi (4)

Ms Excel

Menyisipkan Gambar Ke Dalam Komentar Di Microsoft Excel

1.)Jalankan aplikasi Microsoft Excel dan buka file yang selnya akan diberi komentar.
Menyisipkan gambar ke dalam komentar di Microsoft Excel
2.)Klik di sel Excel yang akan diberi komentar, misalnya sel B5, pastikan Anda sudah berada di tab REVIEW dan kemudian klik tombol New Comment.
Menyisipkan gambar ke dalam komentar di Microsoft Excel
3.)Kotak komentar dengan handle (persegi kecil) di setiap sisinya ditampilkan, klik kanan tepat di garis tepi kotak komentar untuk menampilkan daftar menu pintas dan kemudian pilih (klik) Format Comment...
Menyisipkan gambar ke dalam komentar di Microsoft Excel
4.)Di kotak dialog Format Comment yang muncul, klik kotak tarik turun (drp-down box) Color dan kemudian pilih Fill Effects...
Menyisipkan gambar ke dalam komentar di Microsoft Excel
5.)Di kotak dilaog Fill Efects yang muncul, pastikan Anda berada di tab Picture dan kemudian klik tombol Select Picture...
Menyisipkan gambar ke dalam komentar di Microsoft Excel
6.)Di halaman Insert Pictures yang muncul, klik Work Offline bila Anda terkoneksi ke internet atau klik tombol Browse.
Menyisipkan gambar ke dalam komentar di Microsoft Excel
7.)Di kotak dialog Select Picture yang muncul, cari file gambar yang akan disisipkan ke dalam komentar sel Excel dan kemudian akhiri dengan mengklik tombol Insert.
Menyisipkan gambar ke dalam komentar di Microsoft Excel
8.)Klik tombol OK dua kali untuk menutup kotak dialog Fill Efects dan Format Comment. Sekarang gambar yang Anda pilih telah disisipkan ke dalam kotak komentar sel Excel. Anda juga dapat menetukan lebar dan tinggi kotak komentar dengan menggunakan handle.
Menyisipkan gambar ke dalam komentar di Microsoft Excel
                                                          Terimakasih Semoga bermanfaat
Sumber:


2.Ms word

A. Pengertian Microsoft Word

Pengertian Microsoft Word adalah sebuah program yang merupakan bagian dari paket instalasi Microsoft Office, berfungsi sebagai perangkat lunak pengolah kata meliputi membuat, mengedit, dan memformat dokumen. Perangkat lunak pengolah kata atau word processing adalah program yang digunakan untuk mengolah dokumen berupa teks misalnya surat, kertas kerja, brosur, kartu nama, buku, jurnal, dan lain-lain.

Microsoft Word merupakan perangkat lunak pengolah kata terbaik dan terpopuler di dunia. Selain itu, Microsoft Word juga tersedia di berbagai jenis sistem operasi. Aplikasi ini telah didistribusikan di sistem operasi Microsoft Windows, Mac OS, IOS, dan Android. Hal ini menyebabkan popularitas Microsoft Word bertahan, walaupun banyak terdapat aplikasi pengolah kata yang terus bermunculan.

Berikut ilustrasi untuk antar muka dari aplikasi Microsoft Word,

Tampilan Microsoft Word
Microsoft Word mempunyai antar muka yang mudah dipahami untuk pengguna pemula.
B. Fungsi Microsoft Word
Secara umum Microsoft Word mempunyai fungsi sebagai word processing yaitu membuat, mengedit, dan memformat dokumen.
  1. Membuat Dokumen

    Aplikasi Microsoft Word berfungsi untuk membuat dokumen yang dapat dicetak dengan berbagai ukuran kertas.
  2. Mengedit Dokumen

    Aplikasi Microsoft Word dapat digunakan untuk mengedit dokumen lain baik dokumen yang dibuat dari aplikasi Microsoft Word itu sendiri maupun dari aplikasi pengolah kata lainnya.
  3. Memformat Dokumen

    Microsoft Word memungkinkan pengguna membuat dokumen yang lebih profesional dengan pilihan format dokumen yang beragam. Misalnya ukuran kertas, jenis huruf, warna huruf, catatan kaki, penomoran, hingga equation matematika.

C. Fitur Umum Microsoft Word

Sebagai aplikasi pengolah kata terpopuler, Microsoft Word menyediakan beberapa fitur andalan, sebagai berikut
  • WYSIWYG: Sejak pertama rilis tahun 1981, Microsoft Word mempunyai slogan WYSIWYG atau What You See Is What You GetHal ini untuk meyakinkan pengguna bahwa apa yang dilihat di layar monitor adalah apa yang akan ditampilkan pada kertas saat dokumen dicetak.
  • Spell Check: Microsoft Word mempunyai fitur yang dapat mengecek eja pengetikan dokumen yang membantu menghindari typo saat menulis dokumen. Typo atau typographical error adalah kesalahan ketik terhadap teks tertentu.
  • Fitur tingkat teks yaitu jenis huruf, ukuran, dan format huruf, dan lain-lain.
  • Fitur tingkat halaman yaitu penomoran, indent, paragraf, dan lain-lain.
  • Dukungan aplikasi lain (Add-ins): banyak aplikasi lain yang mendukung kinerja Microsoft Office, seperti PDF reader dan Grammarly.

D. Ekstensi Nama File Dokumen Microsoft Word

Ekstensi nama file yang dihasilkan oleh Microsoft Word bervariasi sesuai versi software yang digunakan.
  • Microsoft Word 2007 dan di bawahnya akan menghasilkan ekstensi nama file .doc
  • Microsoft Word 2010 dan di atasnya akan menghasilkan ekstensi nama file .docx
Ekstensi nama file adalah karakter di belakang nama file yang dipisahkan dengan tanda titik. Misalnya "Dokumen 1.docx" adalah sebuah file dokumen yang dihasilkan Microsoft Word.

E. Manfaat dan Kegunaan Microsoft Word

Berikut manfaat dan kegunaan Microsoft Word yang dalam kehidupan sehari-hari, khususnya di dunia kerja.
  • Membuat dokumen yang dapat dicetak seperti surat, laporan kerja, dan lain-lain.
  • Membuat buku dengan berbagai format.
  • Membuat dokumen yang lebih profesional dengan gaya penulisan yang beragam, seperti jenis font, warna, dan lain-lain.
  • Membuat surat dengan lebih cepat.
  • Membuat dokumen ilmiah dengan fitur References untuk mempermudah penulisan ilmiah.
  • Tersedia beragam template yang dapat diunduh untuk mempercepat pembuat dokumen.
  • Mempermudah mengedit dokumen dengan mudah, dapat dibuka kapan saja.
  • Terkoneksi dengan SkyDrive untuk menyimpan dokumen otomatis secara online.
  • Dapat digunakan untuk membuat surat yang dikirim berbanyak.
  • Serta fitur lainnya yang dapat memberikan manfaat dalam kehidupan sehari-hari.
sumber:https://www.advernesia.com/blog/microsoft-word/pengertian-microsoft-word-dan-fungsinya/


3.Ms.powerpoint

Pengertian dan Fungsi Microsoft Powerpoint – Apa sih Microsoft Powerpoint itu ? Apa kegunaannya ? Apa manfaatnya ? Mungkin orang yang masih awam dengan aplikasi ini banyak bertanya-tanya apa, bagaimana dan buat apa. Untuk itu lebih baik kita simak ulasan berikut….
Pengertian dan Fungsi Microsoft Powerpoint
Pengertian Microsoft Powerpoint

Microsoft Powerpoint adalah sebuah program aplikasi microsoft office yang berguna sebagai media presentasi dengan menggunakan beberapa slide.
Aplikasi ini sangat digemari dan banyak digunakan dari berbagai kalangan, baik itu pelajar, perkantoran dan bisnis, pendidik, dan trainer.
Kehadiran powerpoint membuat sebuah presentasi berjalan lebih mudah dengan dukungan fitur yang sangat menarik dan canggih. Fitur template/desain juga akan mempecantik sebuah presentasi powerpoint.

Fungsi dan Kegunaan Microsoft Powerpoint

Kegunaan atau fungsi dari ms powerpoint adalah sebagai berikut :
  1. Sarana untuk mempermudah sebuah presentasi.
  2. Membuat sebuah presentasi berbentuk softcopy sehingga dapat diakses oleh berbagai perangkat komputer.
  3. Membuat presentasi dalam bentuk slide yang menarik dan cantik dengan dukungan fitur audio, video, gambar dan animasi serta template/desain yang akan dipergunakan.
  4. Mempermudah dalam membuat, mengatur dan mencetak berbagai slide.
Sejarah Microsoft Powerpoint
Microsoft Powerpoint dikembangkan pertama kali oleh Bob Gaskins dan Dennis Austin. Waktu itu, microsoft powerpoint digunakan sebagai presenter untuk perusahaan Forethought.Inc yang kemudian namanya diubah menjadi Powerpoint.
Powerpoint versi 1 dirilis pada tahun 1987 dan komputer yang didukungnya adalah Macintosh. Kala itu powerpoint masih menggunakan warna hitam putih saja dan mampu membuat halaman teks dan grafik untuk transparasi OHP (OverHead Projector).
Di tahun berikutnya, microsoft powerpoint muncul dengan dukungan warna setelah macintosh  berwarna muncul dipasaran.
Pada tanggal 31 Juli 1987, Microsoft mengakuisisi Forethought.Inc dengan powerpoint seharga 14 juta dollar.
Mengikuti Microsoft Windows 3.0, versi Ms. Windows dari PowerPoint (versi 2.0) muncul di pasaran tepatnya pada tahun 1990. Semenjak tahun 1990 inilah Microsoft Powerpoint tidak terpisahkan dalam paket aplikasi kantoran Microsoft Office terkecuali Basic Edition.
Sampai saat ini Microsoft PowerPoint terus berkembang dan mengalami penambahan fitur dari tahun ke tahunnya. Versi terbaru dari Ms. Powerpoint adalah Microsoft Office PowerPoint 2013 (versi 15) yang dirilis bulan Januari 2015.
Dalam Microsoft PowerPoint 2013 ini, antarmuka dengan pengguna dan grafik sangat ditingkatkan sehingga Microsoft PowerPoint lebih menarik dan userfriendly.
Versi ini juga menawarkan format data  XML dengan ekstensi .pptx yang sebelumnya merupakan data biner dengan ekstensi .ppt

Format data Microsoft PowerPoint

Untuk emnyimpan sebuah data PowerPoint, powerpoint menyediakan beragam format data diantaranya yaitu :
*.PPT (PowerPoint Presentaion)
Merupakan ekstensi untuk data biner dan tersedia dalam segala versi PowerPoint (termasuk PowerPoint 12).
*.PPS (PowerPoint Show)
Merupakan ekstensi untuk data biner dan tersedia dalam segala versi PowerPoint (termasuk PowerPoint 12).
*.POT (PowerPoint Template)
Merupakan ekstensi untuk data biner dan tersedia dalam segala versi PowerPoint (termasuk PowerPoint 12).
*.PPTX (PowerPoint Presentation)
Merupakan ekstensi untuk data dalam bentuk XML dan hanya tersedia dalam versi PowerPoint 12.

Kelebihan Microsoft Office PowerPoint

Keunggulan atau kelebihan Ms. PowerPoint diantaranya yaitu :
  1. Mudah digunakan bahkan untuk pemula sekalipun.
  2. Tersedia beragam desain dan template yang menarik.
  3. Dapat dibuat dalam berbagai format data.
  4. Dapat mengedit foto secara langsung.
  5. Adanya fitur pergerakan seperti Transition dan Custom Animation.
  6. Adanya fitur untuk memasukkan konten dari lain aplikasi yang mendukung OLE (Object Linking and Embedding).
Kekurangan Microsoft Powerpoint

  1. Adanya licensi yang memungkinkan penggunanya untuk membayar program aplikasi powerpoint ini
Sumber:http://blog.unnes.ac.id/


4.Ms access

Pengertian Ms Access dan Fungsinya


Apa itu Microsoft Access ? Microsoft Access adalah program aplikasi keluaran Microsoft yang berguna untuk membuat, mengolah, dan mengelola database (basis data).
Database (basis data) yaitu kumpulan arsip data berbentuk tabel yang saling relasi atau berhubungan sehingga menghasilkan informasi. Untuk menghasilkan sebuah informasi, diperlukan adanya DATA untuk dijadikan sebagai masukan.

Apa Fungsi Microsoft Access ?

Fungsi/kegunaan Ms.Access yaitu :
  • Untuk membuat basis data (database).
  • Untuk membuat program aplikasi jumlah peserta didik.
  • Untuk membuat program aplikasi gaji karyawan.
  • Untuk membuat program aplikasi penyimpan buku perpustakaan.
  • Untuk membuat program aplikasi absensi.
  • Untuk membuat program aplikasi persediaan barang.
  • Dan lain-lain.

Manfaat Microsoft Access

  • Menghemat waktu dan tenaga.
  • Mempermudah pelaksanaan suatu pekerjaan yang terasa berat dan melelahkan.
Lalu, bagaimana dengan komponen dalam Microsoft access ?
Secara umum Microsoft Access terdiri dari :
  • Table
  • Database
  • DBMS
  • RDBMS
  • Query
  • PrimaryKey
  • DDL dan DML
  • Field
  • Record
  • SQL
  • Dan lain-lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar